PENGERTIAN PERANGKAT DASAR JARINGAN DAN FUNGSINYA

Posted by

Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali ini saya akan menjelaskan beberapa perangkat dasar tentang jaringan beserta fungsi dasarnya. Untuk penjelasan lebih detail pada tiap perangkat akan penulis tulis pada artikel yang berbeda :D

1.      SWITCH dan HUB
Pada dasarnya Switch dan Hub itu perangkat dengan fungi yang sama yaitu suatu perangkat yang bertugas untuk menghubungkan beberapa komputer dengan media kabel Ethernet.
Jadi dimanakah perbedaan switch dan HUB?
Switch bekerja berdasarkan MAC address pada NIC (Network Interface Card), jadi switch dapat mengetahui kemana paket data itu akan dikirim dan diterima, berbeda dengan HUB, HUB bekerja dengan menyalin paket data dari sumber dan mem broadcast packet data ke setiap port yang dapat mengkaibatkan tabarakan dalam pengiriman data (collision) antara satu port dengan yang lain.
Pada saat ini HUB sudah mulai ditinggalkan dikarenakan mempunyai berbagai kelemahan, seperti jangkauan, kecepatan transfer data dan Resiko loss data.



2.      Router
Perangkat Router berfungsi sebagai penghubung antar jaringan LAN, Router digunakan dalam  jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP . Router jenis ini disebut IP Router . Router digunakan untuk memperluas jaringan data yang kecil ke jaringan yang luas . Contohnya dari jaringan LAN , oleh Router diperluas menjadi jaringan berbasis Internet .


3.      Kabel UTP
adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.
Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda. Kabel UTP tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan. Fungsi kabel UTP yaitu digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data. (http://www.sisilain.net/2012/07/pengertian-dan-fungsi-kabel-utp.html)


Blog, Updated at: 08.53

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.