Pengertian IP Address dan Kelas IP Address

Posted by

Berbicara tentang jaringan komputer hal yang paling dasar adalah pembahasan tentang IP Address, sebelumnya penulis sudah share artikel tentang pengenalan jaringan komputer dan jenis jaringan komputer serta artikel Pengertian perangkat dasar jaringan dan fungsinya, Naah gag usah banyak basa -basi lagi deh :D cekidot

IP (Internet Protocol) Address adalah alamat untuk mengidentifikasi sebuah komputer dan perangkat jaringan dalam jaringan komputer. IP Address ada 2 versi yaitu IP Address versi 4 (IPV4) dan IP Address versi 6 (IPV6), nah dimana perbedaannya? simak artikel ini Perbedaan IPV4 dan IPV6.

IP Address digunakan untuk mengenali komputer dan perangkat dalam jaringan komputer, bahasa mudahnya adalah ibarat rumah butuh alamat :D. IP Address mempunyai mempunyai 32 Bit dan mempunyai 2 bagian yaitu Network Id (Net ID) dan Host Id (Host ID), Network ID adalah suatu identifikasi suatu network dan network lainnya sedangkan Host ID adalah identifikasi untuk host dalam suatu network, jadi bahasa bahasa mudahnya network ID itu nama jalan dan host ID itu nomor rumah, misal Jl. setu no.9 :D.

Dalam IP address ada pula yang namanya IP Broadcast yaitu IP yang digunakan untuk melakukan broadcasting ke semua host dalam jaringan dan IP ini tidak bisa digunakan untuk host, untuk lebih paham fungsinya dapat dibaca pada artikel Subnetting IP Address Versi 4 (IPV4)



Dalam IP Address ada beberapa kelas yaitu :

1. Kelas A
    IP Address kelas A merupakan IP address untuk skala jaringan yang besar dan mempunyai host yang berjumlah jutaan, untuk kelas A dapat menampung 16 juta host. Ciri IP address kelas A yaitu oktet pertama range 0 -127 dan mempunyai panjang Net ID  8 Bit dan Host ID 24 Bit. Contoh : Salah satu komputer mempunyai IP Address 125.1.2.3 maka 125 adalah Net ID dan 1.2.3 adalah Host ID

2. Kelas B
    IP Address kelas B digunakan untuk network dengan skala sedang dan besar, untuk kelas ini dapat menampung host 65 Ribu Host. Ciri kelas ini adalah oktet range pertamanya 128 - 191 dan mempunyai Net ID 16 dan Host ID 16. Contoh : Komputer dengan IP Address 167.202.10.1 maka 167.202 adalah Net ID dan 10.1 adalah Host ID.

3. Kelas C
   Pada kelas C digunakan untuk network skala kecil dan hanya dapat menampung 256 host. Ciri kelas C adalah range oktet pertamanya adalah 192 - 223 dan mempunyai Net ID 24 Bit dan Host ID 8 Bit. Contoh : IP Address 192.168.10.25 maka 192.168.10 adalah Network ID dan 25 adalah host IDnya.

Pada dasarnya kelas IP Address ada 5 yaitu kelas A, B, C, D dan E tetapi untuk kelas D dan E jarang di implementasikan pada sebua jaringan dan biasanya hanya digunakan untuk experiment.


Dalam penggunaannya IP dibagi menjadi 2 yaitu IP Public dan IP private.

IP Public digunakan untuk berkomunikasi pada jaringan internet (terhubung dengan internet). Contoh jika kita mengkases google maka secara otomatis komputer akan menuju IP address 17.14.203.147 sedangkan IP Private adalah IP address yang digunakan pada jaringan lokal seperti LAN.



Blog, Updated at: 13.47

1 komentar:

  1. Informasi yang sangat bermanfaat tentang IP address. Baca juga artikel tentang IP Address ini : Cara Mengetahui IP Address Di Komputer Kita
    Thanks

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.