PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER DAN JENIS JARINGAN KOMPUTER

Posted by

Globalisasi saat ini menuntut manusia untuk dapat hidup dalam sebuah perkembangan teknologi yang tidak terbatas.
Perkembangan teknologi didunia merupakan salah satu perkembangan yang dapat disebut “unlimited” dikarenakan akan terus berkembang dari masa-kemasa dan “tidak pernah mati”.
Salah satu peran teknologi dalam dunia komunikasi sudah sangat terlihat dengan adanya sebuah jaringan. Dengan jaringan, setiap manusia di bumi akan selalu terhubung dan dapat berkomunikasi tanpa adanya batasan jarak dan waktu.

1.      PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer merupakan kumpulan dari komputer yang saling terhubung dan terintegrasi agar dapat menjalin sebuah komunikasi seperti pertukaran data dan pertukaran informasi.

2.      JENIS – JENIS JARINGAN KOMPUTER

      A.    LAN (LOCAL AREA NETWORK)
LAN merupakan kumpulan beberapa komputer yang saling terhubung dan hanya dalam cakupan wilayah yang kecil seperti jaringan komputer gedung, sekolah, kantor, warnet atau rumah.
Saat ini LAN kebanyakan memakai perangkat switch yang mempunyai kecepatan transfer 10, 100 atau 1000 Mbit/s, selain dengan media kabel, lan dapat juga menggunakan media nirkabel yang menggunakan teknologi WiFi (Wireless Fidelity) biasa disebut Hotspot.

      B.     MAN (METROPOLITAN AREA NETWORK)
MAN merupakan kumpulan dari beberapa LAN yang terhunbung dan mempunyai cakupan yang luas seperti antar kantor atau perusahaan.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan local yang satu dengan jaringan local yang lainnya dan biasanya berbeda daerah.

      C.     WAN (WIDE AREA NETWORK)
WAN merupakah jaringan komputer yang mempunyai cakupan yang sangat luas seperti antar Negara atau antar benua. Pada WAN dibutuhkan perangkat Router dan saluran komunikasi public untuk dapat terhubung.

Demikian lah pengenalan jaringan komputer beserta jenis-jenis jaringan komputer, pada artikel selanjutkan saya akan membahas tentang jenis-jenis perangkat jaringan yang umum digunakan beserta fungsinya. :D


Blog, Updated at: 07.49

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.